Sunday, September 6, 2015

12:31:00 PM
Postingan kali ini sebenarnya merupakan kasus lama, tapi menjadi penting kala ini menjadi rutinitas yang kita temui sehari-hari dalam mencetak hasil kerja, karena di dalam MS. Word maupun yang lain tidak ada ukuran kertas F4 yang ada kertas Legal, sementara kertas yang beredar di negara kita adalah kertas F4. Satu lagi kertas ukuran A4 yang ada di MS. Word juga ada yang tidak sama dengan ukuran aktualnya yang beredar di negara kita, hal ini saya temukan sendiri di MS. Word 2013, ini seh di Laptop saya, tidak tahu di laptop sobat.

Beberapa Printer memang ada yang menyediakan fitur menambah ukuran kertas (user define), namun bagaimana dengan printer lain?!. Dalam hal ini saya kebetulan menggunakan printer Canon MP237 dan dsini tidak ada fitur tersebut, juga pada printer Canon MP198 dan Canon iP2700 saya juga tidak menemukan fitur untuk menambah ukuran kertas. Lantas bagaimana solusinya?

Kita tidak bisa menge-Set MS. Wordnya, melainkan yang kita setting adalah printernya. Secara otomatis nantinya di MS. Word akan mengikuti settingan yang ada di printernya. Hasilnya adalah nantinya di MS. Word akan ada ukuran kertas yang kita tambahkan. OK, langsung saja ke langkah-langkahnya :

1.    Klik Start (1) dan pilih "Devices and Printers" (2)

2.    Klik pada printer aktif (printer yang digunakan) (3), hingga muncul tombol aktif "Print server properties" (4)



3.    Pada tab "Forms" di window Print Sever Properties kita centang "Create a new form" (5), beri nama (jenis kertas) dalam kotak "Form name" (6), dan jangan lupa isi ukuran kertas yang kita inginkan pada "Form Description..." (7)



( catatan : untuk Units silahkan disesuaikan dengan kebutuhan (Metric=cm, sedang English=in), kemudian isi angka tanpa spasi antara angka dan satuan ukurnya, contoh "21cm" bukan "21 cm" )
Sebagai contoh, kita akan menambahkan kertas ukuran F4, maka ketik namaF4 (tanpa tanda kutip) pada Form Name, dengan ukuran Units English, Width=21.5cm dan Height=33cm
4.    Bila sudah yakin benar, klik "Save Form" (8), sebagaimana gambar point 3 diatas.
5.    Jika berhasil maka pada “Form On” (9) akan muncul nama “F4”, setelah itu “Close” (10)



6.    Untuk melihat hasilnya di MS. Word sekaligus penggunaanya, maka buka MS. Word, klik Tab “Page Layout” (11), kemudian pilih “Size” (12) cari dibagian bawah “F4” (13), ketemu kan…



Dengan cara seperti ini kita tidak perlu menggunakan custom size berulang-ulang untuk mengeset ukuran kertas, sehingga bisa mengefisienkan waktu.


ref: http://erjifahrezy-jawai.blogspot.co.id

0 komentar:

Post a Comment