Wednesday, September 7, 2016

10:10:00 PM
Kalau sebelumnya saya pernah posting panduan membuat Wifi atau Hotspot sendiri menggunakan software Connectify, kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat hotspot sendiri TANPA BANTUAN SOFTWARE, murni hanya dengan Windows. Cukup bermodalkan Windows 7 dan sebuah laptop atau PC, sobat sudah dapat membuat hotspot sendiri. Namun jika sobat menggunakan PC pastikan Wifi Adapter sudah terpasang.

Baiklah, tidak perlu berpanjang lebar lagi, berikut adalah beberapa hal yang perlu disiapkan :
1.       Sebuah Perangkat Laptop atau Komputer yang memiliki Wireless (Wifi)
2.       Koneksi Internet (LAN atau-pun Modem)

Berikutnya, silahkan ikuti dengan cermat langkah-langkah dibawah ini, karena saya akan mengajak sobat untuk bermain-main dengan menggunakan Command Prompt (CMD) :

#Pertama, Buka Command Prompt (CMD) dengan menggunakan Mode "Run as administrator"



#Kedua, cek dulu apakah Wireless sobat support untuk menjalankan VAP (virtual access point) atau tidak. Caranya ketikan “netsh wlan show drivers” (tanpa tanda kutip) di CMD. Maka akan muncul rincian seperti dibawah, dan perhatikan tulisan yang ditunjuk dengan panah berwarna kuning.


#Ketiga, Jika masih bertuliskan No, sobat harus mengaktifkannya terlebih dulu dengan cara mengetikan “netsh wlan set hostednetwork mode=allow” (tanpa tanda kutip), lalu cek lagi, jika masih tidak bisa, berarti Laptop sobat tidak support.
 
#Keempat, Jika berhasil, sekarang saatnya mengaktifkan dan membuat Nama Wifi (SSID) beserta Passwordnya. Ketikan “netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=misnozone key=12345678” (tanpa tanda kutip). (note: SSID dan Key diisi bebas terserah sobat). Jika hasilnya seperti dibawah ini, berarti aktivasi sukses.

 
#Kelima, Aktifkan Wireless dengan mengetikan “netsh wlan start hostednetwork” (tanpa tanda kutip), maka VAP (virtual access point) akan berjalan. Sampai disini Wireless sudah Aktif, sobat bisa lihat dengan cara klik icon “Network/ Wifi” pada sidebar kanan bawah (systry), seperti gambar berikut ini :



Perlu diketahui bahwa wifi ini masih belum bisa digunakan untuk Internet, karena belum ada Koneksi Internet yang dihubungkan. Sobat bisa cek sinyal Wifi menggunakan Laptop atau Smartphone.


Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan internetnya :

#Pertama, Sobat bagi Internetnya agar bisa saling terhubung. Bisa dilihat dari gambar berikut, bahwa "Local Area Connection (Android AP)" adalah Koneksi Internet utama, dan "Wireless Network Connection 2" adalah Wireless yang kita buat tadi.



#Kedua, Klik Local Area Connection > Propertis > Pilih Tab Sharing > (Centang kedua kotak), kemudian pada Home Networking Connection sobat pilih Wireless Network Connection 2 (digambar berikut masih Select a private....., silahkan diganti). Hasilnya bisa sobat cek, seperti berikut:

 


Bila langkah demi langkah tadi dilakukan dengan benar, harusnya sobat sudah bisa menikmati sharing Wifi sambil Internetan, Untuk menghentikan atau memulai kembali Wireless tersebut, kamu bisa ketikan netsh wlan stop hostednetwork (untuk stop) atau netsh wlan start hosted network (untuk memulai lagi), ingat tanpa tanda kutip.

Oh iya sob, ini juga sebagai salah satu cara untuk sharing printer, untuk caranya sobat tinggal setting koneksi printernya melalui wifi tadi. Tar deh kapan-kapan kita bahas.

0 komentar:

Post a Comment