Wednesday, September 9, 2015

1:25:00 PM
2
Hai..sobat..., Jika sobat pengguna Gmail yang sedang mencari petunjuk untuk mensinkronkan akun email melalui POP/ IMAP di Outlook, Apple Mail, Thunderbird, dan lain-lain., artikel ini akan mengupasnya secara rinci. Untuk sobat yang sudah mahir barangkali hal ini bukan sesuatu yang sulit, namun bagi pemula apa salahnya ini dijadikan sebagai referensi, mengingat terkadang ada satu hal yang dilupakan sehigga sinkronisasi ini tidak berhasil yakni pada pengaturan ijin perangkat lain yang terkadang suka diabaikan/ terlewat.

Sebagai informasi, apa itu POP atau IMAP dan apa kegunaan dari keduanya? 

POP (Post Office Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email. Protokol ini erat hubungannya dengan protokol SMTP dimana protokol SMTP berguna untuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim ke server. POP3 (POP  – Version 3) merupakan POP  yang standar untuk Internet. Protokol ini akan mengijinkan client untuk mengakses e-mail yang  ada di POP server secara dinamis dan juga mengijinkan untuk meninggalkan atau menghapus email yang ada di POP Server melalui POP client. (Dwiarum Astriani, POP dan IMAP, 2013)

Sedangkan IMAP adalah singkatan dari Internet Message Access Protocol, keduanya adalah protocol email. Kedua sistem (IMAP dan POP)  memungkinkan sobat untuk mengakses email menggunakan software email client, seperti Microsoft Outlook, Apple Mail, Thunderbird atau Eudora. Adapun perbedaan dari keduanya yang paling mendasar adalah jika POP Email disimpan pada penyimpanan lokal, sehingga dapat diakses setiap saat, bahkan tanpa koneksi internet, sedangkan IMAP  Email disimpan pada remote server, yang berarti email dapat diakses secara bersamaan dari beberapa lokasi sekaligus (harus connect internet). (Dwiarum Astriani, POP dan IMAP, 2013)

Gimana sudah jelas kan..., yuk langsung ke langkah-langkah mengaktifkan POP/ IMAP nya :

1.       Masuk ke Gmail (gmail.com).
2.       Klik ikon roda gigi Description: https://www.google.com/help/hc/images/mail/mail_gear.pngdi kanan atas (1), kemudian pilih Settings(2)



3.       Pilih Tab Forwarding and POP/IMAP (3)



4.       Klik Enable POP for mail that arrives from now on (4) bila sobat ingin mengaktifkan POP
5.       Klik Enable IMAP (5) bila sobat ingin mengaktifkan IMAP
6.       Klik Simpan Perubahan (Save Changes) (6)
Sampai di sini langkah mengaktifkan POP/IMAP selesai.

Namun ada satu langkah lagi yang tidak kalah pentingnya, karena ini terkadang kelewat sehingga sinkronisasi email tidak suskses, dan ini menjadi sangat penting karena bilamana tidak diaktifkan maka koneksi gagal. Langsung saja ke screenshootnya :

1.       Masih diposisi laman Settings, pilih Tab Accounts And Import (7)



2.       Klik Other Google Account Settings (8)
3.       Pada Tab Sign-in & Security, Klik Connected apps & sites (9)



4.       Geser ke Kanan pada “tombol lingkaran biru” (10), sehingga Allow less secure apps: ON (11)




Sampai di sini setting POP/IMAP di Gmail selesai. Keluar dari Gmail sobat dan silahkan sobat tinggal menge-Set klien email yang sobat gunakan. Kalau saya menggunakan Outlook dari MS. Office. Jika semua sudah disetting, kita bisa buka email dari Outlook. coba dech..

2 komentar: