Tuesday, September 6, 2016

1:20:00 PM
1
Belum lama salah satu blog yang saya kelola mengalami beberapa masalah. Dari link di sidebar dan footer yang tidak muncul dan postingan yang hanya tampil satu di halaman muka (home). Setelah ditelusuri, untuk link di sidebar dan footer yang berisi recentpost tidak mau tampil ini dikarenakan javascript­ nya tidak berfungsi (fail), dan alhamdulillah sudah bisa teratasi.

Untuk problem yang kedua ini awalnya saya dibuat pusing, karena pada settingan posting yang ditampilkan sudah diset untuk tampil 3 post, tapi kenyataan di blog hanya tampil 1 post. Akhirnya saya coba browsing cari-cari informasi, alhamdulillah ketemu juga. Ini saya temukan di  web sugeng.id yang kemudian saya coba praktekkan dan 100% berhasil.

Tahukah teman, apa yang menjadi penyebab dari masalah ini? Ini begitu sederhana, yakni karena postingan yang kita tulis ditulis melalui Microsoft Word. MS Word merupakan program word processor bukan text editor. Jadi ketika teman-teman menulis di MS Word setelah itu tulisannya disalin (copy), maka yang tersalin bukan hanya text, tapi kode-kode di belakangnya juga ikut tersalin. Kode-kode tersebut akan mengalami konflik dengan kode-kode yang ada di blogger. Itulah yang menyebabkan error.
 
Berikut ada 2 solusi untuk mengatasi masalah ini :
 
Solusi #1: Jangan copy paste dari MS Word
Usahakan untuk menulis langsung di blogger. Atau jika teman-teman akan menulis artikel secara offline gunakan program text editor seperti notepad atau notepad++, atau yang lainnya sesuai selera teman-teman. Untuk postingan yang sudah terlanjur copy paste dari MS Word, silakan bisa ditulis ulang langsung lewat blogger atau program text editor.

Solusi #2: Gunakan fitur “Jump Break” di blogger
Jika teman-teman malas harus nulis ulang postingannya, atau merasa tidak pernah copy paste postingan dari Microsoft Word, silahkan coba cara ini:
#1. Login ke blogger.com dan masuk ke dashboard blog teman-teman
#2. Masuk ke menu “Pos


#3. Klik “Edit” pada postingan terakhir yang muncul di halaman depan blog


#4. Masukan “Jump break” di akhir paragraf pertama
      hasilnya antara paragrap pertama dengan paragraf ke dua ada semacam garis tebal seperti berikut :


#5. Jika sudah, klik tombol “Perbarui

Gimana, mudah bukan? Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar seharunya blog teman sudah tidak error lagi. Tapi Jika masih error juga, mungkin karena penyebab yang lainnya.

1 komentar: