Monday, August 29, 2016

5:47:00 AM
30
Untuk mencetak amplop dengan alamat secara otomatis (mailmerge) sangatlah mudah, yang terpenting amplop yang akan diprint tersebut dalam kondisi baik dan tentunya dari bahan kertas yang bagus pula. Untuk sebuah amplop yang bagus tentunya harganya terbilang tidak murah, lah kalau itu akan digunakan untuk alamat yang banyak akan sangat disayangkan angaran ATK hanya habis untuk sebuah amplop saja, padahal yang terpenting adalah isi dalam amplopnya. 

Sementara amplop yang biasa-biasa saja, berdasarkan pengalaman agak rewel bila diprint, sering macet dan bahkan merusak cartridge. Untuk itu solusi penggunaan label akan bisa mengatasi ini, hanya saja perlu beberapa pengaturan. Saat ini banyak sekali jenis merek label di pasaran, seperti FOX, Panda, Tom & Jerry, Car-Villa, Champion dan masih banyak lainnnya. Ukuran label sendiri memilki standar tertentu namun khusus untuk undangan yang sering digunakan adalah 121 dan 103.

Walaupun ukuran label sama namun setiap merek memiliki peletakkan kertas labelnya berbeda-beda sehingga untuk mencetak kertas label pengaturannya berbeda-beda. Pada kesempatan ini saya akan mengupas tentang bagaimana cara membuat label undangan pernikahan kode 121 merk Champion, dan ternyata ini sama dengan yang merk FOX. (maaf bukan lagi promosi merk). Label undangan ini tiap lembarnya berisi 10 label.


Langkah pertama, silahkan anda buat data base yang bersisi daftar nama dan alamat yang akan dicetak ke dalam label di Microsoft Excel. Simpan dengan nama “daftar undangan”. Berikut Contohnya:


Selanjutnya buka Microsoft Word 2007/2010/2013, kebetulan saya menggunakan Microsoft Word 2013, kemudian pilih Tab Menu MAILINGS >> LABELS.




Setelah itu akan muncul Menu Baru. Silahkan pilih Tab Menu LABELS,  klik Option, seperti gambar berikut:




Pada "Product Number " Pilih "30 Per Page", Kemudian klik "New Label.."



Atur pengaturan untuk Label Undangan Kode 121 seperti di bawah ini, contoh berikut saya menggunakan "Label Name" = label 121, setelah semua disesuaikan, klik "OK" :



 
Setelah klik OK maka akan kembali ke tampilan beriktu, kita bisa lihat pada kolom "label" sudah menjadi "Other/Custom label 121 Custom Laser", hal ini menunjukkan pengatuan yang kita buat sebelumnya sudah tersimpan. Kemudian klik “NEW DOCUMENT”.

 

Setelah itu akan muncul file baru dengan format tabel yang sudah dibuat tadi. Sampai disini proses pengaturan label sudah selesai. Selanjutnya mengisi label tersebut dengan menggunakan file excel yang sudah kita buat tadi. Pada Tab MAILINGS pilih "Select Recipient", kemudian pilih "Use Existing List...", Seperti berikut:


Selanjutnya akan masuk ke gambar berikut, pilih Sheet nya, kemudian klik OK :


Buatlah format untuk pengisian labelnya seperti berikut atau sesuai selera Anda :


Masih di Tab MAILINGS, pilih menu "Insert Merge Field", letakkan ietem "Nama", "Alamat", "Tempat" sesuai yang diinginkan, sebagaimana contoh berikut : 


dan hasilnya menjadi seperti berikut :


Nantinya semua label akan kita buat sama seperti di label pada kolom satu berikut. Agar nantinya label otomatis menampilkan data record secara keseluruhan sesuai urutan yang kita buat di excel, maka di belakang penulisan alamat label perlu ditambahkan "NEXT RECORD", sebagaimana contoh berikut, caranya pilih menu "Rules", kemudian pilih "Next Record". 


Setelah langkah diatas selesai, tinggal kita copy kan ke semua kolom label. Untuk melihat hasil jadi data nya tinggal klik menu "Preview Result", dan jadinya sebagai berikut :






Untuk eksekusi terakhir tinggal gunakan menu "Finish & Merge", yang A : "Edit Individual Documents...", ini akan menampilkan hasilnya secara keseluruhan di lembar MS. Word. atau yang B : "Print Documents..." jika ingin mencetaknya (print), tentunya dengan menentukan dulu beberapa opsinya.




Mudah sekali bukan dalam membuat Label Undangan 121 dengan memadukan Microsoft Excel dengan Microsoft Word. Jika belum jelas silahkan bertanya dengan memberikan komentar, selamat mencoba.



Thanks to : http://www.kusnendar.web.id membuat label merk  Fox

30 komentar:

  1. thank you.. sangat membantu pekerjaan saya :)

    ReplyDelete
  2. Punya saya kok settingan labelnya ga bisa cm itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setting di menu File -> Option -> Advance -> scroll kebawah di menu display , ubah inces jadi centimeter

      Delete
    2. mas menunya dimana?
      bisa lebih detail

      Delete
  3. SANGAT MEMBANTU. terima kasih banyak yaaa

    ReplyDelete
  4. kok waktu saya print gk pas ya ? jdi kepotong gitu tulisanya. apakah di atur posisi stiker label nya di printer, atau ada di edit di word ?

    ReplyDelete
  5. membantu sekali.... thank so much

    ReplyDelete
  6. gan , klo pas nge print nya nanti ukuran kertasnya harus 16,5cm x 20,2cm juga ya gan? klo ane pilih A4 error soalny,ato gmna?

    ReplyDelete
  7. Silahkan perhatikan baik-baik runtutan prosesnya, bilamana ada hal yang belum sesuai dengan artikel ini cobalah mencari referensi lain terkait dengan masalah yang ditemui. jadikanlah ini sebagai tambahan wawasan/pengalaman untuk teman-teman. Bravo..pembelajar!

    ReplyDelete
  8. selamat pagi, kenapa saya slalu gagal pas ngeprint ya? jadi hanya kolom kiri yang ke-print dan itu pun tidak sesuai dengan posisi label. semua settingan sudah saya sesuaikan namun tetap gagal
    terima kasih

    ReplyDelete
  9. Aslm.knp punya saya seting dua baris kolom dan 5 baris kebawa,kok jadinya cuman 4 baris kebawah SJ.gmn tuh?aslm

    ReplyDelete
  10. Punyaku kok print nya gak pas di kertasnya, mohon bantuannya jika ada yg tau ukuran kertas undangan 121

    ReplyDelete
  11. sesudah pilih Use Existing List ga ada keluar select tabel ya?

    ReplyDelete
  12. Terima kasih banyak, sangat membantu...

    ReplyDelete
  13. Terimakasih sukses selalu amien

    ReplyDelete
  14. kok disaya banyak yg kedouble2 ya namanya gan

    ReplyDelete
  15. Udh ngikutin step by step nya tp hasilnya margin atas ketinggian, kl di enter yg plg bawah masuk sheet bawah

    ReplyDelete
  16. Settingan font dari excel gak kebaca, jd hrs setting manual di word..gmn solusinya biar satu kl setting aj

    ReplyDelete
  17. Hallo, saya print menggunakan kertas label malah berlipat2 labelnya. Any advice?

    ReplyDelete
  18. ga pas hasilnya pas di print gmn ya helpp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Size kertasnya diganti jadi letter / legal. Aku sih coba dan cukup efektif

      Delete
  19. tks atas ilmunya, sangat membantu

    ReplyDelete
  20. Terima kasih gan tutorial/penjelasannya. semoga berkah.

    ReplyDelete