Thursday, August 13, 2015

7:56:00 PM
Kemarin waktu mau print kartu ucapan ultah, sedang seneng-senengnya eh...malah printernya ngadat, muncul peringatan seperti di atas “Ink has run out”. Padahal cartridge itu belum lama diisi ulang tintanya. Setelah mencafri tahu kesana-sini, ketemulah biang keladinya. Dan berikut sedikit penjelasan mengenai masalah ini.
 
Run out atau tinta telah habis pesan error ini terjadi karena cartridge yang digunakan adalah cartridge original yang masih dalam keadaan penuh indikatornya, jadi saat indikator tinta mulai habis printer akan memberikan pesan error ini kepada kita. Semua jenis printer inkjet dengan merk Canon pasti akan mengalaminya apapun serinya, jika menggunakan tinta yang original dari pabrik bukan tinta hasil refill oknum-oknum tertentu. 

Itu sedikit kupasannya, dan sekarang langsung saja ke TKP (kaya opera van java ajja..), maksudnya mari kita simak solusinya :

1.     Pastikan Printer sudah terhubung dan menyala (ready print), tekan dan tahan tombol Resume atau tombol Stop/Reset (tombol yang nyalanya warna orange) agak lama sekitar 10 detik sampai tombol ON ( warna hijau ) berkedip atau flash, kemudian lepaskan tombol Resume.
2.      Pada saat tombol Resume dilepas, lampu orange akan berhenti berkedap-kedip dan hanya lampu hijau yang akan menyala (lampu power), lalu bukalah cover printernya.
3.      Tunggu sampai catridge berpindah ke tengah.
4.      Lepas catridge, lalu periksa cartridge karena akan ada kemungkinan tinta di dalam cartridge sudah habis. Jika tinta sudah habis, isi tinta cartridge dengan cara disuntik, isi tinta kurang lebih 4ml.
5.      Taruh kembali cartridge dan lakukan tes print untuk melihat hasilnya.

Tidak semua kasus akan melalui langkah-langkah yang tersebut di atas, sebagaimana kejadian yang menimpa saya kemarin, saya hanya melakukan cara nomor  1 (satu) saja, dan printer sudah bisa digunakan kembali. Namun demikian, alangkah baiknya bila catridge nya diperiksa dulu apakah sudah benar-benar habis atau belum, karena jika printer dipaksakan mencetak dalam kondisi tinta habis, maka akan menyebabkan kerusakan pada chip maupun head cartridgenya.

0 komentar:

Post a Comment