Sunday, November 29, 2009

6:49:00 PM
10
Redirect halaman web/ bog adalah suatu tehnik yang digunakan untuk melempar atau membuka satu halaman ke halaman lain atau bahkan ke situs lain. Pada umumnya tehnik redirect dimanfaatkan untuk menampilkan sambutan selamat datang sementara sebelum membuka halaman utama yang sebenarnya. Selain itu tehnik ini juga dapat digunakan untuk menampilkan pengumuman saat melakukan migrasi alamat website/ Blog/ Homepage dari satu URL (lama) ke URL lain (baru).

Sebagai contoh, tahun lalu teman-teman memiliki sebuah blog bagus di sebuah free web hosting dengan jumlah pengunjung yang sangat banyak, misalnya ; http://ngeblog.blogspot.com. Nah, sementara saat ini teman-teman sudah mampu membeli/ memiliki nama domain sendiri, misalnya ; http://www.ngeblog.com. Maka dengan tehnik redirect ini teman-teman tidak perlu bersusah payah memasang iklan atau memberitahukan pada setiap pengunjung situs lama bahwa teman-teman sudah memiliki nama domain sendiri.

A. Saat pengunjung mengetikkan alamat "http://ngeblog.blogspot.com”., maka secara otomatis pengunjung akan di bawa langsung menuju alamat baru milik teman-teman tersebut. Syaratnya teman-teman mesti mengeset waktu redirectnya menjadi “0” detik.

Dan berikut adalah kode redirectnya :

<meta http-equiv="refresh" content="0";URL=tulis alamat URL baru/ tujuan di sini"/>

Simpan kode di atas antara tag <head> .... </head>

B. Teman-teman juga bisa memodifikasi tampilan awal redirect ini sehingga tidak terbuka secara otomatis melainkan ada waktu tenggang, dimana pengunjung yang mengetikkan alamat URL teman-teman yang lama akan diperlihatkan terlebih dahulu tampilan pemberitahuan bahwasannya alamat URL teman-teman telah berganti dengan yang baru.

Dan berikut adalah kode redirectnya :

<meta http-equiv="refresh" content="5";URL=tulis alamat URL baru/ tujuan di sini"/>

Simpan kode di atas antara tag <head> .... </head>

Kode diatas sama dengan kode redirect otomatis, bedanya pada redirect otomatis isian “content” diset “0” sedangkan redirect dengan pemberitahuan “content” diset “5”. Berikut kode yang harus ditambahkan di antara tag <body> ... </body>

<font size="6"><i> Blog</i><B>nama blog</B> telah pindah ke</font><P><br><A href="alamat URL baru/ tujuan"><B><font size="5">alamat URL baru/ tujuan yang akan ditampilkan</font></B></A><P><br><font size="4">Dalam 5 detik kami akan melakukan <i>redirect</i> ke nama blog secara otomatis.<br> Jika dalam waktu 5 detik tampilan ini tidak berubah, <B><A href="alamat URL baru/ tujuan">Klik di sini</A></B> atau pada link di atas.</font></P>

Gimana, ada bayangan ga? Kalo begitu berikut contoh lebih jelasnya :

<font size="6"><i> Blog</i><B>NGEBLOG</B> telah pindah ke</font><P><br><A href="http://www.ngeblog.com"><B><font size="5"> http://www.ngeblog.com</font></B></A><P><br><font size="4">Dalam 5 detik kami akan melakukan <i>redirect</i> ke NGEBLOG secara otomatis.<br> Jika dalam waktu 5 detik tampilan ini tidak berubah, <B><A href=" http://www.ngeblog.com">Klik di sini</A></B> atau pada link di atas.</font></P>

Gimana, sudah jelas kan?, jangan lupa kode diatas ditaruh diantara tag <body> ... </body>

C. Atau teman-teman juga bisa menggunakan kode redirect ini sebagai fungsi refresh dalam blog teman-teman. Fungsi refresh di gunakan untuk membuat “penyegaran” kembali halaman blog ataupun website. Jika teman-teman selama ini melakukan refresh secara manual dengan menekan tombol refresh yang ada pada tool bar, dengan menggunakan fungsi refresh ini, fungsi refresh akan secara otomatis bekerja merefresh halaman blog teman-teman.

Untuk membuatnya cukup dengan membubuhkan kode yang tidak jauh beda dengan kode redirect di atas, bahkan ini lebih simple :

<meta http-equiv="refresh" content="15"/>

Simpan kode di atas antara tag <head> .... </head>

Sebagai catatan, sebaiknya angka yang ada dalam “content” kode di atas di set jangan terlalu cepat (angka terlalu kecil), karena bisa menimbulkan kejengkelan kepada para pengunjung/ pembaca blog teman-teman apabila terlalu cepat direfresh.


Wuiszzz, dapat bonus lagi-bonus lagi…. Seneng gratisan…

10 komentar:

  1. Thanks bro. Artikel bermanfaat neeh.. kebetulan lagi butuh banget buat ngedirect laman..
    Monggo mampir ke web saya www.aspacmonetary.com

    ReplyDelete
  2. karena bisa menimbulkan kejengkelan kepada para pengunjung/ pembaca blog teman-teman apabila terlalu cepat direfresh.

    ReplyDelete
  3. membuatnya cukup dengan membubuhkan kode yang tidak jauh beda dengan

    ReplyDelete
  4. kebetulan lagi butuh banget buat ngedirect laman.

    ReplyDelete
  5. Kalau di blog gk bisa ya om... apa harus kita mempunya in weblog dari blog lain selain blogger

    ReplyDelete
  6. Om tolong dibantu ya. Saya sudah terlanjur mengganti nama domain di blogspot. Nah kebetulan rating nama domain yang lama (sudah saya ganti) mendapat posisi yang baik di Google. Pertanyaannya, untuk memberitahukan bahwa URL ini (yang lama) telah pindah ke URL sekarang bagaimana? Catatan: saya pernah melihat hal seperti ini ditampilkan di halaman utama blogspot yang bersangkutan. Trimakasih sebelumnya. Tolong ke emailku ya om, kiosxtreme@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Sukses/ keberhasilan adalah hak, tugas kita bukan untuk sukses/ berhasil, melainkan untuk mencoba.

    ReplyDelete