Monday, March 17, 2014

11:10:00 AM
Hasrat makan memang tidak pernah ada habisnya, apalagi camilan goreng-gorengan selalu saja menjadi daya tarik tersendiri saat perut terasa lapar. Disaat musim hujan makanan ini bisa menjadi hidangan pelengkap dengan secangkir kopi atau teh hangat. Kali ini saya akan berbagi resep makanan gorengan yaitu “cireng” yang kepanjangannya adalah “aci digoreng”. Mungkin sudah tidak asing lagi dan mungkin bagi sebagian orang ini merupakan makanan yang murah dan biasanya didapatkan dari abang gorengan yang lewat depan rumah. Cireng ini jangan dianggap sepele lho…jika dibuatnya dengan betul maka akan sangat mengenyangkan dan menjadi camilan lezat untuk keluarga di rumah, bukan hanya sekedar camilan saja tapi ada banyak kandungan gizi dalam tepung tapioka sebagai bahan utama dalam pembuatan cireng. 
Cukup mudah membuatnya asal telaten cireng bisa menghasilkan cita rasa yang gurih dan renyah, ada beberapa resep yang saya baca dalam proses pembuatan cireng tetapi saya belum juga tertarik untuk membuatnya, dan saya juga awalnya tidak begitu menyukai cita rasanya. Saat kami masih tinggal di Bekasi setiap ada hari libur disempatkan untuk selalu berkunjung ke rumah paman dan setiap sore selalu ada abang gorengan langganan paman yang lewat depan rumah, dalam item pembelian gorengan paman selalu menambahkan cireng sebagai gorengan kesukaannya. Lagi-lagi saya pun masih belum tertarik untuk mencobanya walaupun paman memberikan opini bahwa cireng ini sangat enak. 
Dalam kesempatan lain, sore hari lihat di meja makan tidak ada camilan apa-apa. Terbesit untuk mencoba membuat makanan tapi saat itu saya belum terpikir untuk membuat cireng. Setelah melihat stock bahan makanan didapur ternyata masih ada sisa tepung tapioka yang sebelumnya dipakai untuk membuat cilok. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat cireng saja dechhh…tanpa berfikir panjang disiapkan semua bahannya. Tahap demi tahap cireng dibuat dengan hati-hati karena ini baru pertama kali membuatnya yang entah bagaimana hasilnya karena suamiku sepertinya kurang begitu suka dengan camilan ini tapi sudahlah saya tetap membuatnya dengan harapan berhasil dan habis dimakan. Alhamdulillah ini lah hasilnya….sukses pemirsaaaa…habisss dimakan tanpa sisaa…senangnya…anaku ikut makan semunya makan…(suamiku ikut makan juga lhoooo) gurih dan renyah wajar jika ada alot sedikit karena memang bahan dasarnya aci/tepung tapioka.
Sebenarnya pembuatan cireng ini tidak jauh beda dengan langkah membuat cilok hanya saja dalam resep ini ada beberapa hal yang membedakan ada bahan yang tidak digunakan misalnya saja sebagian yang sudah mencoba ada yang menggunakan tepung tapioka/aci dengan tepung terigu ada pula yang hanya menggunakan tepung tapioka/aci saja selain itu cilok hanya dicampur dengan air mendidih sedangkan cireng dicampur dengan biang. Apa yang dimaksud biang??? (disimpan dulu pertanyaannya ya ibu-ibu….). Keberhasilan ini akan saya bagi karena sebenarnya tidak sulit dan membuatnya pun menggunakan bahan yang sangat simpel. Tidak perlu waktu lama sehingga bisa dihidangkan untuk keluarga dengan cepat. Dari pada saya berpanjang lebar bercerita lebih baik kita bahas dengan lengkap dalam resep berikut ini;

BAHAN
·         150 gram tepung tapioka/aci
·         1 batang daun bawang dan seledri (jika suka)
·         2-3 siung bawang putih (dihaluskan)
·         1 sdt garam
·         Kaldu bubuk secukupnya

BIANG
·         50 gram tepung tapioka/aci
·         150 ml air dingin suhu ruangan

CARA MEMBUAT BIANG
·         Campurkan air dingin dengan tepung tapioka sampai benar-benar larut.
·         Lalu masukan ke dalam panci atau wajan.
·    Panaskan dengan api kecil sampai adonan terlihat seperti lem dan bening, pastikan sudah benar2 matang dan mengental/lengket. (sdh tidak terlihat tanda putih dari tepung tapioka/aci). Lalu angkat.

CARA MEMBUAT CIRENG
·    Siapkan tempat yang agak besar (saya biasa menggunakan baskom pelastik lebar tujuannya agar mudah dalam proses menguleni adonan) kemudian campurkan tepung tapioka/aci, irisan daun bawang dan seledri, garam dan bawang putih yang sudah dihaluskan.
·   Lalu masukkan biang yang tadi sudah dimasak (tuangkan langsung setelah diproses yang hasilnya seperti lem), jika masih panas bisa diaduk-aduk dulu menggunakan sendok kayu tetapi jangan terlalu lama segera coba pegang dengan tangan sekiranya sudah cukup hangat langsung uleni dengan tangan.
·    Lumayan menggunakan tenaga extra dalam menguleni adonan tapi teruslah remas-remas jangan sampai ada tepung dalam adonan yang tersisa pastikan adonan kalis dan tidak nempel lagi ditangan.
·     Setelah kalis lalu ambillah sedikit demi sedikit sampai semuanya habis pipihkan dan cubit-cubit pinggirnya. Agar tidak menempel satu dengan yang lain taburkan sedikit tepung.
·         Lalu goreng dengan menggunakan minyak yang banyak dan panas.
·         Angkat dan sajikan.

Silahkan dicoba resepnya ibu-ibu, mudah dan simpel kan…saya menyajikan cireng ini dengan menggunakan sambal gula (bahannya hanya 5-10 buah cabai rawit, 1 siung bawang putih ukuran sedang dan sejumput gula merah+gula pasir secukupnya. Diulek lalu dihidangkan dech dengan cireng hangat) jika suka bisa ditambahkan peresan jeruk sambal/jeruk purut.
Tidak ada salahnya jika kita selalu membuat varian menu yang berbeda setiap harinya untuk keluarga dirumah, tidak perlu dengan bahan atau makanan yang mahal budayakan lagi makanan sehat sarat gizi dan sajikan dengan penuh cinta untuk setiap hidangan makanan di rumah. Semoga resep ini bisa menjadi tambahan menu dalam agenda masak ibu-ibu hari ini…
Selamat mencoba…salam sehat selalu… (100% Tested).

0 komentar:

Post a Comment