Saturday, September 22, 2012

1:06:00 PM

Kemarin saya diminta teman saya untuk membuka sebuah file PDF sekaligus meng-editnya. Tidak seperti biasanya, yang sudah-sudah saya bisa langsung mengeditnya tanpa masalah hanya dengan bantuan software PDF reader, namun kali ini berbeda, file PDF yang saya mau edit tidak bisa begitu saja saya edit. Akhirnya saya coba edit dengan menggunakan bantuan software editing gambar (photoshop), lagi-lagi ternyata tidak bisa, jangankan di edit – dibuka saja tidak bisa, karena ternyata file tersebut sudah diproteksi (password).

Dari pengalaman ini mungkin teman-teman juga ada yang pernah download file PDF tapi tidak bisa di-copy-paste, di-edit, bahkan yang lebih ekstrim tidak bisa di-print. Hal ini bisanya terjadi untuk file PDF yang berisi tutorial yang ada script nya, atau surat/ dokumen rahasia dari sebuah instansi tertentu.

Tapi jangan khawatir, dari kejadian kemarin setelah saya browsing sana-sini, akhirnya saya mendapatkan sebuah aplikasi yang bisa mengatasi semua masalah tersebut. Aplikasi itu bernama Systools PDF Unlocker. Dengan aplikasi ini file-file PDF yang terproteksi akan bisa terbuka dengan mudahnya. Aplikasi ini juga berjalan lancar di Windows 7, penggunaannya pun sangat mudah, tinggal diinstall trus langsung digunakan dan hasilnya, jreng…jreng…jreng… pasti kebuka. Jadi ingat lagunya 8ballBuka s’thithik Joss”… he he he…

Photobucket

Berikut cara penggunaanya (lihat screenshot diatas sebagai acuannya) :

1. Klik Browse (No. 1) dan cari file PDF yang akan di unlock
2. Klik Browse (No. 2) dan tentukan direktori output file PDF yang akan di unlock,
3. Klik UNLOCK PDF....
Teman-teman bisa lihat PDF sebelum di Unlock pada kolom (No.3)yang bergambar “silang merah”, dan PDF setelah di Unlock pada kolom(No.4), jika gambarnya "Check Hijau" di kolom (No.4) maka Unlock PDF Berhasil. Silahkan buka file PDF-nya dan coba buka sekarang, pasti sudah bisa di copy-paste, di edit, atau yang tidak bisa di print jadi bisa di print, betul tidak???

Aplikasinya bisa di download di sini. DOWNLOAD GRATISS.

Selamat mencoba..!

0 komentar:

Post a Comment