Thursday, June 21, 2012

6:00:00 AM
6


Kemarin saya kedatangan seorang teman yang menanyakan masalah error di windows xp-nya lantaran tidak bisa connect wifi-nya. Setelah usut punya usut, melihat dari pesan errornya yang muncul seperti dibawah ini :

"Windows is unable to connect to the selected network. The network may no longer be in range. Please refresh the list of available networks and try to connect again."

artinya kurang lebih : “Bahwa windows tidak bisa melakukan koneksi pada jaringan tersebut dikarenakan (mungkin) tidak lagi berada dalam jangkauan. Silahkan refresh dan coba lakukan koneksi lagi.”

Kemudian pesan itu tetap muncul setiap kali mengklik tombol Connect, padahal sinyal yang didapatkan dalam status Strength (full).

Tanya kenapa?
Ini karena tidak tersedianya feature security yang sesuai dengan ketentuan di Wireless Router. Windows XP, secara default hanya menyediakan dua jenis type security wireless, yaitu WPA dan WPA-PSK. Sehingga, jika security yang anda tentukan di router adalah WPA2, maka tentu saja windows xp menganggap tidak menjangkau jaringan tersebut (walaupun sinyal terlihat full) atau bahasa windows biasanya mengatakan “may no longer be in range”.

Lantas, apakah windows xp-nya bermasalah ?, apakah driver-nya bermasalah, atau mungkin hardware-nya bermasalah ?, jawabannya tidak!

Perlu diketahui bahwa WPA2 itu diciptakan setelah windows XP beredar. Jadi, sangat wajar jika Windows XP belum memasukkannya dalam feature wireless yang tersedia. Solusinya, saya sarankan teman saya untuk mendownload file update dari situs resminya langsung. Untuk mempercepat pencarian, sebaiknya masuk ke google dan ketik “WPA2 update site:microsoft.com”. File yang harus didownload adalah KB893357.exe.

Setelah itu, tinggal diinstall dan restart computer. Connect dech..

thanks for thejagat.com

6 komentar:

  1. terima kasih mas , artiklenya sangat membantu

    ReplyDelete
  2. makasih infonya..yg sangat berguna bagi saya dan yg lainnya.kebetulan saya mengalami masalah tersebut pada windows xp..

    ReplyDelete
  3. Sama-sama, semoga bermanfaat...
    Terima kasih atas kunjungannya...

    ReplyDelete
  4. terimakasih atas materi dan info yang diberikan.

    ReplyDelete
  5. gan tai unya saya setia mu conect kok laptop saya langsung mati/restar...?tolong solusinya gan kirim ke slow_dimaz@yahoo.com
    matur suwon gan

    ReplyDelete
  6. Apaiya gan? Tapi pas saya tekan power di cpu saya, bukan windows xp gan, tapi windows px gmna ni gan solusinya?😇

    ReplyDelete