Friday, February 21, 2014

7:01:00 PM
Mengisi liburan panjang bisa disi dengan hal apapun baik itu yang sifatnya edukatif atau hanya sekedar menyalurkan hobi saja. Menjadi hal yang sangat menyenangkan  jika sebagai orang tua bisa selalu bersama anak untuk mengamati setiap tumbuh kembangnya, sehingga tidak ada moment spesial yang terlewatkan sedikitpun. Dalam kesempatan liburan panjang semesteran ini saya pergunakan untuk bersama anak dan suami di rumah (full time). 

Sebenarnya kami bisa melakukan traveling atau mengajak anak pergi ke perpusakaan umum, ke kebun binatang atau semacamnya, tapi saya lebih suka untuk menyalurkan hobi masak dirumah selain itu tujuan lainnya adalah bagaimana saya sebagai ibu dan kepala koki (di rumah) bisa menyajikan makanan sehat untuk keluarga.

Setiap orang pasti senang dengan membeli jajanan pasar atau jajanan-jajanan tradisional lainnya seperti cilok atau cireng. Mungkin bagi orang sunda makanan ini sudah tidak asing lagi tapi apakah setiap orang bisa membuatnya?? Bisa sebetulnya tapi banyak hal yang menjadi alasan orang tidak bisa atau tidak sempat membuatnya, atau bahkan mungkin sudah sempat mencoba membuatnya berkali-kali tapi hasilnya selalu gagal. Yuuukk..mari kita kupas bersama bagaimana membuat jajanan tradisional ini menjadi snack yang sehat dan aman dikonsumsi untuk keluarga.

Saat berhasil membuat suatu masakan dan dihidangkan kemudian dimakan bersama-sama terus habiissss… hasilnya adalah kepuasan yang tidak terkira. Alhmdulillah dalam mencoba resep dari dua makanan ini tidak terlalu sulit walaupun dalam mencoba memasak cilok saya pernah gagal 2 kali baru yang ke tiga kaliya berhasil dan waktu itu dimasak untuk snack buka puasa..habisss laris manisss…berikut resepnya:

BAHAN CILOK:
·         150 gr tepung tapioka/aci
·         150 gr tepung terigu
·         125-300 ml air dimasak sampai mendidih
·         3 siung bawang putih (sesuai selera)
·         1 tangkai bawang daun dan seledri
·         1 sendok teh garam
·         Kaldu bubuk (jika suka)

BAHAN SAUS KACANG:
·         100-150 gr kacang tanah (bisa digoreng/disangrai, sesuai selera)
·         10-15 buah Cabai rawit
·         5 buah cabai merah keriting
·         2 siung bawang putih
·         Garam dan gula pasir secukupnya
·         Sejumput gula merah/gula jawa
·         1 sdm minyak
·         200 ml air
·         Air asam dan daun jeruk (jika suka)

CARA MEMBUAT CILOK:
1.   Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka, irisan daun bawang+seledri, garam dan kaldu bubuk lalu sisihkan.
2.      Didihkan air, kemudian sambil menunggu air mendidih, haluskan 3 siung bawang putih.
3.     Setelah air mendidih campurkan 2 sdm air yang mendidih ke dalam bawang putih yang dihaluskan kemudian campurkan dengan adonan tepung.
4.     Setelah bawang putihnya dimasukkan kedalam adonan tepung masukan sedikit demi sedikit air yang sudah mendidih tadi sambil diuleni dengan sendok kayu setelah agak berkurang panasnya uleni adonan dengan tangan hingga kalis sehingga tepung tidak lengket dan menempel ditangan.
5.     Didihkan air dalam panci (isikan air ke dalam ½ panci ukuran sedang) setelah mendidih kemudian bulatkan adonan sesuai keinginan sampai mengambang dan setelah mengambang biarkan 5-10 menit agar cilok matang dengan sempurna.
6.       Setelah itu angkat pakai serokan kecil lalu dinginkan.

CARA MEMBUAT SAUS KACANG:
1.     Sangrai/goreng kacang tanah lalu haluskan dan sisihkan.
2.     Haluskan bawang putih dan cabai lalu tumis sebentar, masukan air biarakan sampai agak panas kemudian masukan kacang tanah yang sudah dihaluskan tambahkan gula (merah dan pasir), garam air asam dan daun jeruk biarkan sampai mendidih sambil sesekali diaduk-aduk jika sudah keluar minyaknya lalu diangkat dan simpan dalam mangkok.
3.      Cilok dan saus kacang siap untuk dihidangkan.
4.      Bisa pula ditambahkan saus sambal dan kecap manis sebagai pelengkap.

Jika sudah mencoba dengan resep yang sama tapi tetap saja gagal berikut ada beberapa tips dalam membuat cilok yang kenyal dan gurih (ini diambil dari beberapa kesalahan saat proses pembuatan):

1.    Jika anda menginginkan cilok yang tidak terlalu kenyal maka perbandingan antara tepung terigu dengan tepung tapioka jangan sama, tambahkan takaran tepung terigu lebih banyak.
2.    Air yang digunakan sebaiknya air yang sdh dimasak mendidih.
3.   Dan saat mencampur adonan dengan air maka lakukanlah sedikit demi sedikit untuk menghindari lembeknya adonan.

Tentunya resep ini tidak saklek, bisa dirubah sesuai dengan selera masing-masing. Hidangan ini sangat mudah dan murah tidak perlu waktu lama untuk membuatnya, tua dan muda suka dengan makanan ini. Selamat mencoba, semoga berhasil. (100% Tested)

0 komentar:

Post a Comment