Monday, October 7, 2013

5:29:00 PM
Belajar dari pengalaman, sewaktu input data dalam tabel menggunakan excel sering kali terjadi kesalahan. Setelah coba browsing, ternyata ada cara sederhana untuk mempermudah dalam proses input data table tersebut, yakni dengan menggunakan Macro Excel.
Memang cara ini membutuhkan pemahaman khusus, khususnya bahasa pemrograman Visual Basic. Jadi, bagi teman-teman yang ingin mencobanya setidaknya sudah pernah tahu tentang bahasa pemrograman tersebut, karena akan ada beberapa kode-kode dalam proses pembuatannya.

Ada dua cara untuk memulai membuat Macro Excel, ada yang dilakukan dengan cara merekam aktifitas excel yang kemudian tersimpan menjadi sebuah kode, cara sederhana ini tepat dilakukan - mengingat dengan cara ini kita tidak perlu untuk mengetikkan sebuah kode tertentu untuk menjalankan sebuah perintah. Adapun cara lainnya adalah dengan cara menuliskan sebuah kode tertentu yang mewakili sebuah perintah tertentu, dan ini biasa dilakukan oleh mereka yang sudah terbiasa dengan kode-kode pemrograman, khususnya Visual Basic.

Sebelum masuk lebih jauh ke proses Macro Excel, hal yang perlu diperhatikan adalah, sudahkah Tab Developer muncul di Tab windows Excel?, Apa itu Tab Developer?

Tab Developer berisi menu-menu yang akan kita gunakan untuk bekerja dengan kode-kode Visual Basic (VB), dan jika Tab tersebut belum muncul, berikut langkah-langkah untuk mengaktifkannya :

1. Buka aplikasi Microsoft Excel 2007.
2. Klik menu Office.




3. Klik tombol Excel Options di bagian bawah kolom menu Office.




4. Pada dialogbox yang muncul, pilih kategori Popular pada bagian panel kiri. Kemudian aktifkan opsi Show Developer tab in the Ribbon pada panel bagian kanan.




5. Klik tombol OK.

6. Pastikan tab Developer sudah terlihat pada Tab Excel.





Sekian dulu ya, untuk ke proses Macro Excelnya nanti akan disambung lagi. Tunggu posting berikutnya…






0 komentar:

Post a Comment