Saturday, January 16, 2010

4:14:00 PM
3
Hampir semua orang sudah bisa menggunakan internet, dari anak usia SMP bahkan SD saat ini sudah tidak asing lagi dengan internet. Dengan menjamurnya WARNET dimana-mana membuat internet sangat mudah untuk diakses. Permasalahannya sekarang adalah ketika kita mengakses internet yang harus dipertimbangkan adalah biaya akses internet tersebut, yakni bagaimana bisa mengakses internet dengan biaya yang murah tetapi informasi yang kita dapatkan tetap bisa kita ambil dengan sempurna. Tentunya ini hanya bisa dilakukan dengan cara mempercepat waktu akses/ browsing internet kita.

Terus bagaimana cara kita melakukan Browsing/ berselancar cepat di dunia maya? Berikut adalah tehnik jitunya :


1. Bookmark

Hampir setiap web browser popular memiliki fitur ini, adapun fungsinya adalah untuk menyimpan URL website favorite, sehingga memudahkan untuk diakses kembali tanpa harus susah-susah menghafal URLnya. Dan CTRL + D merupakan shortcut yang umum untuk melakukan bookmark dengan cepat.


2. Tehnik shortcut

Setiap aplikasi biasanya memiliki shortcut yang bisa mempercepat pekerjaan yang rutin dilakukan sebagaimana bookmark di atas. Dan berikut beberapa shortcut yang harus dikenali para penjelajah dunia maya agar browsing lebih cepat.
- CTRL + T , (membuat tab baru)
- CTRL + Tab, (pindah antar tab)
- CTRL + W atau klik tombol mouse-wheel pada tab, (menutup tab)
- CTRL + Link hyperlink atau klik tombol mouse-wheel pada hyperlink, (membuat link pada tab baru)
- ALT + D, (menempatkan kursor pada address bar)
- ALT + Enter, (membuka URL pada tab baru)
- ALT + Panah kiri (kembali pada halaman sebelumnya/ back)
- CTRL + Enter, (otomatis menambah awalan “www.” dan akhiran “.com” pada URL yang diketik pada address bar)


3. Penulisan URL

Katakanlah anda ingin mencari informasi mengenai internet pada website Wikipedia.org, bagaimana langkah-langkahnya? Mungkin anda mengetikkan terlebih dahulu URL Wikipedia.org, menunggu beberapa saat hingga halaman Wikipedia.org tampil (ditambah lagi koneksi internet anda sedang parah), baru kemudian mengetikkan keyword “internet” pada field yang disediakan. Tapi coba perhatikan perubahan URL yang terjadi pada address bar, tampak URL dari http:/Wikipedia.org menjadi http:/en.Wikipedia.org/wiki/internet. Artinya, anda sebenarnya bisa langsung mengetikkan URL tersebut pada address bar untuk mendapatkan hasil yang sama.
Untuk mencari keyword yang lain, anda tinggal mengganti kata “internet” dengan keyword yang dikehendaki. Untuk dua kata atau lebih yang dipisahkan oleh spasi, anda dapat menggunakan underscoresebagai pemisah kata. Misalnya ingin mencari kata “E-mail Address”, maka ketikkan http:/en.Wikipedia.org/wiki/email_address.

Tehnik ini dapat bermanfaat buat anda yang memiliki koneksi internet relative lambat atau lebih suka mengetik cepat. Wikipedia hanyalah salah satu contoh website yang memiliki karakteristik URL yang bisa kita manfaatkan untuk bekerja lebih cepat. Kenali karakteristik website yang dikunjungi mungkin anda bisa menemukan cara yang lebih praktis.

Selamat berselancar……………….





(Taken from know-how PC media with proporsianal edited)

3 komentar:

  1. karakteristik website yang dikunjungi mungkin anda bisa menemukan cara yang lebih praktis.

    ReplyDelete
  2. Wikipedia hanyalah salah satu contoh website yang memiliki karakteristik yang bisa kita manfaatkan untuk bekerja lebih cepat.

    ReplyDelete
  3. anda sebenarnya bisa langsung mengetikkan tersebut pada address bar untuk mendapatkan hasil yang sama.

    ReplyDelete