Tuesday, August 11, 2015

8:04:00 PM
Ketemu lagi sobat blogger dan surfer, mungkin sudah tidak asing lagi kalau ada beberapa pemilik blog/ website melindungi artikelnya terhadap pembajakan copy paste dengan memasang scrip anti klik kanan dan copy paste. Pertanyaanya "Apakah blog/ website yang halamannya dikunci bisa dicopy paste?" jawabanya "pasti bisa".

Artikel ini hanya berniat berbagi pengalaman dan cara saja, jangan disalahgunkan untuk membajak konten orang lain tanpa izin dari pemiliknya atau tanpa menyertakan sumbernya. Kebetulan saya menggunakan browser Mozilla Firefox.

Cara copy dan paste halaman blog/ website yang dikunci tidak bisa klik kanan :
  1. Buka halaman website/ blog  yang terkunci. Tandanya bila diklik kanan tidak bisa, maka copy dan paste juga tidak bisa, apalagi save juga tidak bisa.
2.      Masih dihalaman yang ingin dicopy artikelnya ---> Copy alamat URL Halaman pada address bar browser.
3.      Buka Microsoft Word (semua versi ms. word), buka tab File ---> Open ---> Browse (file).
4.      Paste link URL Halaman tadi ke kotak "File Name" pada jendela Open, kemudian klik Open.
5.      Tunggu beberapa saat sampai proses penyalinan dari URL ke MS. Word telah selesai.
Atau bisa juga menggunakan cara yang lain :
  1. Pilih menu Tools > klik Option.
  2. Pilih Content.
  3. Hilangkan tanda centang (unchek) pada pilihan "Enable Javascript".
  4. Selesai, Silahkan copy artikel yang kamu inginkan.
Dapat juga dengan cara men-disable atau mematikan program java script , yang mencegah klik kanan dengan menggunakan sebuah addons mozilla firefox (RightToClick), Unduh di sini. Bila terlihat pesan tidak dapat klik kanan, centang kotak stop Klik kanan kemudian klik Ok.

Untuk firefox versi 23 ke atas sudah tidak ada fitur disable javascript di menu tools, cara mematikannya dengan mengetik about:config di url browser kemudian disable javascript (pada javascript.enabled, value-nya diganti false).
Dari ketiga cara di atas hasilnya akan berbeda, bila cara pertama hasil Copy Paste halaman yang terkunci akan sama dengan yang di sumbernya, sementara cara yang kedua hasilnya tergantung seleksi sumber yang akan di copy. Artinya cara yang kedua lebih efektif, salah satunya tidak memerlukan banyak edit-an lagi.

0 komentar:

Post a Comment