Friday, February 21, 2014

9:50:00 AM
Kalau diperhatikan hampir disetiap tempat public/ umum terutama yang memiliki keuntungan secara ekonomis sudah mulai menerapkan teknologi tanpa kabel (wireless) atau yang biasa di sebut dengan Wireless Fidelity (WiFi). Ini terbukti dengan banyaknya perusahaan yang menyediakan Hotspot Area (area yang terdapat jaringan internet berbasis WiFi) yang dapat di akses oleh semua orang baik itu secara gratis maupun dengan cara registrasi ke penyedia layanan tersebut. Wireless merupakan teknologi nirkabel dimana perangkat elektronik yang dapat saling berhubungan atau  berkomunikasi  tanpa  menggunakan  kabelContoh : Mobile Phone, WLAN, dan lain-lain. Adapun media transmisi yang digunakan pada jaringan wireless adalah : Cahaya Inframerah (IR, Infrared), Frekuensi Radio (RF, Radio Frequency), Antenna, Grounding System.

Ada  beberapa  cara  untuk  berbagi  koneksi  internet  secara  wireless.  Cara  yang  biasanya
digunakan adalah dengan memanfaatkan ICS (Internet Connection Sharing) yang sudah ada di Control Panel Windows. Namun, banyak pengguna Windows tidak tahu bagaimana mengkonfigurasi pengaturannya alias sulit. Cara lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi khusus untuk WiFi yang salah satunya akan saya bahas yaitu Connectify. Ini adalah cara yang paling praktis karena kita tidak memerlukan setting/ pengaturan yang rumit, mengingat semuanya sudah otomatis di setting dalam aplikasi tersebut. Kita hanya cukup menyetting beberapa saja, itupun sangat mudah karena interfacenya yang user friendly. Saya sudah mencobanya dan berhasil, bahkan saya masih menggunakannya sampai sekarang.

Untuk mendapatkannya Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis websitenya langsung di http://www.connectify.me.  Atau di link site ini yang sudah terpaket dengan patch-nya. Download disini.

Setelah diunduh, silahkan lakukan langkah berikut :

1.  Klik file installer-nya dan lakukan proses instalasi sampai selesai.
2.  Connectify akan berada di system tray Windows Anda.
3.  Untuk menginstal patch-nya agar menjadi pro, keluar dulu dari aplikasi connectify dengan cara exit pada klik kanan di icon connectify pada system try.
4.  Kemudian copy patch yang terdapat dalam paket unduhan kedalam folder connectify yang sudah terinstall, secara default terdapat di C:\Program Files\Connectify
5.   Jalankan Patch
6.  Setelah selesai silahkan jalankan kembali aplikasi connectify, aplikasi siap digunakan dan sudah pro.
 


Berikut beberapa Tab dan fungsinya yang terdapat dalam aplikasi connectify :

Tab Settings, pada aplikasi connectify berguna untuk mengatur konfigurasi hotspot Anda :
1.   Hotspot name
Kamu bisa menuliskan nama hotspot kamu disini. Batas pengisian nama hotspot ialah hingga 32 karakter.
2.   Password
Kamu bisa memberi password pada hotspot Anda. Tujuannya agar hanya orang-orang yang Anda izinkan saja yang dapat mengakses internet melalui hotspot yang Anda buat. Password diisikan sebanyak 8-63 buah alfanumerik dan memiliki sifat case sensitive (huruf a berbeda dengan huruf A).
3.   Internet to Share
Anda dapat memilih jenis koneksi internet yang Anda gunakan.
4.   Share Over
Anda dapat memilih pilihan mau berbagi lewat apa koneksi Internet Anda
5.   Sharing Mode
Terbagi 3 yaitu Wi-Fi Access Point, Wi-Fi Ad-Hoc Open, dan Wi-Fi Ad-Hoc Encrypted
6.   Firewall
- Allow Internet Access :
Bila Anda tidak mencentang pilihan ini, Anda tidak dapatmelakukan sharing internet dan  hanya  menggunakan  aplikasi  ini  untuk  keperluan  lai(berbagi  data  atau permainan multiplayer)
- Allow Local Network Access
Bila Anda tidak mencentang pilihan ini, Anda tidak dapat mengakses alamat lokal komputer Anda.



Tab Client, berfungsi untuk melihat perangkat apa saja yang terhubung ke hotspot beserta dertailnya dan jumlah perangkat yang terhubung. Di bagian Connected to my hotspot akan terlihat perangkat yang terhubung ke hotspot. Anda juga dapat melihat alamat  IP, MAC, dan lama koneksi setiap perangkat yang terhubung ke hotspot Anda. Selain itu, di bagian Previously connected, Anda dapat melihat history perangkat yang pernah terhubung ke hotspot Anda.

0 komentar:

Post a Comment