Friday, February 21, 2014

10:25:00 AM

Kali ini saya ingin sharing saja, mungkin hal ini sudah banyak yang membahasnya, akan tetapi mengingat saya juga sudah mengalaminya, semoga saja ini bisa jauh lebih realable mengingat sudah teruji. Beberapa hari yang lalu lagi banyak-banyaknya kerjaan printer dengan koneksi wifi berjalan lancar, selang beberapa hari kemudian tiba-tiba salah satu Laptop yag terkoneksi wifi tidak bisa melakukan proses print. Muncul pesan kesalahan kalau tidak salah seperti ini “Spooler service is not running” bahasa mudahnya mungkin ada error di spooler. Setelah dicek ternyata indikator printer yang disharing semuanya berstatus offline, sementara Laptop lainnya masih tetap bisa. Aneh, tapi ini benar terjadi, saya coba cek di komputer server, ternyata benar ada device yang tidak diketahui alias “unknown device”, dan setelah dicek lagi ada beberapa file yang hilang pada folder windows dan system32, yaitu :

- winspool.drv
- winspool.exe
- spoolss.dll
- folder spool
- spoolsv.exe

Usut punya usut, hilangnya file ini ternyata dikarenakan proses auto scanning antivirus yang menganggap bahwa file-file tersebut adalah sebuah virus sehingga antivirus langsung menghapusnya.

Saya pun memutar otak, mencari tahu kenapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana ini bisa normal kembali. Saya coba browsing, ada yang menyarankan untuk install component dari master windows atau instal ulang windows sekalian. Sempat sependapat untuk pilihan yang kedua yakni instal ulang windows, tapi setelah dipikir-pikir lagi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menginstal ulang, belum lagi mesti back-up file-file yang penting, belum lagi instal program lainnya, wah… bakalan ribet. Akhirnya coba browsing lagi via mbah Google, dan alhamdulillah ada pencerahan meski perlu di uji. Dan benar saja, ternyata setelah dilakukan uji coba, “berhasil”.

Dan berikut adalah langkah-langkahnya :

1.      Klik tombol Start di taskbar pada desktop
2.      Di atas tombol Start ada kotak “search programs and files”, ketik RUN kemudian tekan Enter pada keyboard
3.      Pada kotak RUN ketik services.msc
4.      Cari Print Spooler klik kanan dan pilih Properties
5.      Pada tab General di submenu Startup type pilih automatic, kemudian klik Apply, klik OK
6.      Masih di Print Spooler klik kanan dan pilih Start/ Restart

Bila cara diatas belum juga bisa, silahkan lakukan dengan cara kedua, klik disini.

0 komentar:

Post a Comment