Monday, November 22, 2010

9:49:00 PM

Kehamilan merupakan suatu hal yang sangat di dambakan oleh setiap pasangan yang telah menikah, namun kadang ada yang cepat dan ada pula yang lambat sehingga harus menunggu bertahun-tahun untuk bisa hamil. Tapi jangan pernah putus asa dalam menghadapi kenyataan itu, tetaplah berdoa, berusaha dan bertawakallah kepada Allah. Begitupun dengan kami setelah kurun waktu 1 tahun kami menunggu….Alhamdulillah kami merupakan pasangan yang telah diberi amanah oleh Allah SWT untuk bisa merasakan bagaimana indahnya menikmati masa-masa kehamilan.


Masa kehamilan itu dibagi menjadi 3 trimester :

- 0 minggu s/d 12 minggu (trimester pertama)
- 13 minggu s/d 24 minggu (trimester kedua)
- 25 minggu s/d 36 minggu (trimester ketiga)


Pada trimester 1 sungguh sangat berat dilalui apalagi kami semua kerja full day, jadi istirahat dirumah hanya malam hari saja. Dan ketika pagi datang kondisi badan maka mulai tidak enak dari pusing, ngantuk, lemas&lesu, dan yang paling dominan adalah rasa mual yang sangat….dan itu yang dinamakan “Morning Sick” biasanya kondisi ini terasa mulai bangun pagi sampai jam 9, setelah itu badan mulai normal kembali walaupun tidak senormal yang biasa dirasakan ketika tidak hamil…rasa itu tetap ada tapi hanya beberapa saat saja.

Kira-kira selepas Asar maka kondisi mual itu datang kembali, apa yang harus saya lakukan???? Sedangkan janin dalam kandungan membutuhkan cukup gizi dan nutrisi yang baik untuk perkembangannya, karena sudah dipastikan asupan makanan ibu berkurang , dari kondisi mual itu makanan apapun tidak enak dan yang ada hanya enek, rasanya hanya ingin makan yang seger dan asam-asam saja. Apakah ini yang dinamakan ngidam…???
Ngidam itu sebetulnya hanya suatu rasa/dorongan dari dalam diri kita untuk menikmati sesuatu yang biasanya aneh-aneh baik itu makanan atau rasa ingin melakukan sesuatu dan cenderung merepotkan pasangan…kadang kalau makanan hanya dicicipi saja karena bukan yang seperti itu yang diinginkan, ada pula yang hanya ingin mencium aroma duren di tempat orang jualan dan banyak cerita-cerita ngidam aneh yang saya dengar dari berbagai kalangan…(itu wajar bu…buat bapak nya tetap sabar ya…))

Puji Syukur kepada Allah karena saya pun merasakan kondisi itu tapi tidak berlebihan, setiap orang pasti menginginkan sesuatu tapi janganlah sampai merepotkan pasangan dan sampai mogok makan dan yang lainnya. Sebenarnya itu hanya sugesti yang sudah menempel dalam diri lalu muncullah keinginan-keinginan… Alhamdulillah makanan tetap saya paksakan untuk masuk tapi tidak maximal…kekhawatiran memang ada tapi saya harus yakin dan berfikir positif dalam menyikapi hal ini, supaya janin bisa sehat, kuat dan lahir dengan sempurna lahir&batin. Kemudian saya mencoba untuk menyiasatinya dengan makan banyak buah (jus/buah utuh),susu dan madu, juga Vitamin…ko sayur tidak masuk list…?? Sayur tetap saya paksakan untuk makan walaupun tidak sebanyak porsi yang seharusnya dimakan, hanya 4 item itulah yang selalu standby sy makan+minum setiap harinya…Alhamdulillah bisa membantu stamina tubuh.

Ada beberapa makanan yang baik dan harus di konsumsi oleh ibu selama hamil, karena apa yang barusan saya paparkan tidak akan cukup untuk memenuhi asupan gizi yang maximal untuk janin, jadi apa sajakah makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hami…????? :


 perbanyaklah makan sayur

 minum susu khusus ibu hamil

 makan buah-buahan, cuci bersih dengan air mengalir buah dan sayuran yang mau dimakan untuk menghindari pestisida

 Tomat dan pisang, banyak mengandung asamfolat, baik untuk perkembangan janin

 vitamin ( biasanya diberikan oleh dokter kandungan saat periksa)

 ikan segar /fresh ( maksudnya bukan yang sudah di simpan di kulkas, ikannya tetap dimasak terlebih dahulu sampai matang)

 kacang-kacangan

 air sari kedelai

 cukup minum air ( air matang loh ya...)

 pilih makanan yang kaya serat, misalnya roti gandum

 minum CDR agar kebutuhan kalsium ibu hamil terpenuhi, bagi janin berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Perhatikan dosisnya agar tidak terjadi penumpukan

 biasakanlah untuk mendengarkan Prenatal Education Music, baik ibu maupun baby.

 air kelapa, bagus dikonsumsi pada trisemester akhir, agar bayinya bersih saat lahir nanti


Alhamdulillah kini usia kehamilan saya sudah masuk 10 minggu, ini memang masa-masa berat yang dilalui oleh ibu, semoga saja saya pun bisa melalui ini dengan baik dan bisa memenuhi asupan gizi dan nutrisi untuk janin…

Selamat menikmati indahnya masa kehamilan, tetap berfikir positif, rilex dan beraktifitaslah seperti biasanya karena akan sangat berguna bagi ibu khususnya untuk memperlancar sirkulasi peredaran darah…janganlah banyak mengeluh ini semua anugerah terindah yang telah diberikan Allah kepada umatnya…

Barakallah.....

Posted by: Ic@ Just

0 komentar:

Post a Comment