Friday, November 13, 2009

10:27:00 PM
Bagi sebagian bloger mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah blog tools. Ya, sebuah perangkat/ fasilitas yang diberikan oleh penyedia blog maupun pihak ketiga untuk melengkapi fungsi dan estetika sebuah blog. Dari sekian banyak blog tools, berikut ini akan saya paparkan salah satunya, yaitu sebuah tool yang digunakan untuk mengetahui berapa banyak pengguna/ user yang sedang online pada blog kita. Tool inilah yang menjadi favorite para bloger, karena fungsinya yang sangat dibutuhkan untuk memonitor/ melacak user yang sedang online pada blog kita disamping sebagai aksesori dalam rangka untuk mempercantik tampilan blog.

Berikut akan saya berikan yang special buat teman-teman, karena saya tahu sesuatu yang diingikan teman-teman, yakni yang Gratis dan tidak repot seperti harus membuat script-script yang aneh dan bikin pusing kepala.

Baiklah, untuk mengurangi kejenuhan dengan panjangnya intermezzo di atas, mari langsung saja kita ke pokok bahasan utamanya. Silahkan teman-teman unduh/ download tool user online status, dan berikut saya rekomendasikan teman-teman untuk mendapatkannya dari www.Geovisite.com. Adapun untuk cara pemasangannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

1. Silahkan masuk www.geovisite.com

2. Klik Register yang berada di bawah gambar Geo counter Flash

3. Tulis alamat email teman-teman pada kotak kosong disamping tulisan Email

4. Tulis address blog milik teman-teman disamping tulisan URL. Contoh : http://bloggaul.blogspot.com

5. Tulis kata untuk login/ masuk disamping tulisan Login. Contoh : chester81

6. ulis password yang diinginkan disamping tulisan Password. Contoh : kinpark

7. Pilih waktu yang sesuai dengan daerah tempat teman-teman tinggal disamping tulisan Location. contoh :untuk daerah Jakarta adalah Asia/Jakarta (GMT+7)

8. Pilih kategori yang sesuai dengan blog teman-teman disamping tulisan Category. Contoh : Tips & Trik ngeBlog

9. Pilih bahasa yang sesuai dengan blog steman-teman disamping tulisan Language of your site. Contoh : English ( tahu kenapa..?, karena kalo bahasa indonesia belum ada )

10. Pilih judul blog teman-teman disamping tulisan Title. Contoh : Tutorial Blog

11. Tulis deskripsi dari blog milik sobat pada kotak di samping tulisan Description. Contoh : All about free (gratis), tips & trik, download, music

12. Klik tombol yang berlogo disket

13. Copy salah satu kode HTML yang dinginkan, antara lain : GEOGLOBE, GEOCOUNTER, GEOMAP

14. Selanjutnya masuklah ke halaman admin situs blog teman-teman, terus pilih tab “Template” untuk masuk ke halaman Tata letak. Klik Add a Page Element untuk menambah elemen baru

15. Pilih kelompok HTML/ Java script, kemudian tekan tombol Add to Blog

16. Selanjutnya akan muncul jendela baru “ Configure HTML/ Java script “, Paste kode HTML yang di copy tadi pada kotak isian “Content”. Jika tidak diperlukan kotak isian “Title” dapat dikosongkan agar subjudul tersebut tidak ditampilkan ke halaman blog.

10. Jangan lupa menekan tombol Save Changes untuk menyimpan kode tersebut ke dalam blog

14. Selesai dech, gimana… gampang kan?!


Teman-teman mungkin bingung dan bertanya-tanya harus pilih yang mana apakah GEOGLOBE, GEOCOUNTER, atau GEOMAP ? untuk membuktikannya, silahkan teman-teman coba satu persatu dari ketiganya, setelah itu pilih mana yang cocok sesuai selera teman-teman. Coba saja, Ga’ apa-apa, ‘nyoba kan ga’ bayar… wkkkkkkk… :) maunya gratisan melulu..

Nieh saya kasih tambahan, saya kasih BONUS situs penyedia tool user online status lainnya yang teman-teman bisa kunjungi di :

http://www.histats.com
http://www.webfooted.net
http://www.neoworx.net
http://www.fastonlineusers.com

0 komentar:

Post a Comment