Friday, November 13, 2009

8:46:00 PM
Allow bro, gimana kabar neh? Gimana blognya, sudah pada jadi kan? Ya sebelumnya saya sudah memaparkan tentang bagaimana membuat blog, terus bagaimana menyettingnya, dan kini saatnya teman-teman untuk memilih template yang nantinya akan digunakan sebagai blog teman-teman. Sebagai pengantar perlu sedikit saya jelaskan mengenai apa itu template?, bagi teman-teman yang baru mengenal blog pasti bertanya-tanya, dan ini dia penjelasannya.

Template adalah desain-desain halaman web ataupun blog beserta seluruh komponennya (misal : gambar, stylesheet, dsb) baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web (taken from: blog Kang Rohman). Seperti yang teman-teman lihat sekarang, ada banner disamping kanan, background warna hitam, kolom kolom di samping kanan (sidebar), serta semua yang teman-teman lihat sekarang adalah salah satu bentuk dari desain template.

Pilihlah design template yang menarik, karena dengan tampilan template yang menarik untuk di lihat maka akan membuat para pengunjung dari blog kita menjadi betah untuk berlama-lama berada di blog kita, tapi juga jangan dilupakan mengenai isi dari sebuah blog, ini juga harus disesuaikan juga dalam teman-teman memilih template. Ga mungkin kan kalo isi blog kita tentang tehnik-tehnik blog tapi design template yang kita pilih adalah gambar-gambar binatang?! Ya, artinya kita mesti pinter-pinter dalam memilih template, dimana antara karakter pemilik blog, isi, dan bahkan sebuah trend juga kita mesti pertimbangkan agar semua singkron sehingga enak dilihat.

Wualah, panjang banget penjelasannya, kaya dosen ajja’. Stop-stop-stop.. keburu bosen neh,, yo wis mari kita sekarang langsung aja menuju langkah-langkah memilih template di Bloger.com, yu……….

Neh dia 3 (tiga) jurus ampuh dalam memilih template :

1. Seperti biasa silahkan teman-teman Login terlebih dahulu di Bloger.com

2. Klik "Tata Letak" (bila teman-teman menggunakan blogger baru) atau klik "Template" (bila teman-teman menggunakan template classic).

3. Klik "Pick New Template", silahkan teman-teman pilih template yang teman-teman suka.

Note: Sebelum memutuskan dalam memilih "template" ini, sebaiknya teman-teman lihat terlebih dahulu satu persatu contoh layout yang disediakan dengan cara meng-klik tulisan "preview template". Jika sudah menemukan template yang paling tepat, silahkan klik tulisan "Save template" yang ada di sebelah kanan atas, selesai dech…

Template di atas merupakan template default yang sudah disediakan oleh Bloger.com, teman-teman juga bisa menggunakan template yang disediakan secara gratis oleh pihak ketiga, tentunya pilih yang compatible untuk Bloger.com. Untuk melihat-lihat design dari pihak ketiga, teman-teman bisa klik link dibawah dari postingan ini.

0 komentar:

Post a Comment