Friday, November 13, 2009

7:52:00 PM
Berawal dari chatting dengan teman lama di Facebook, akhir dari obrolan tersebut saya berikan alamat Blog saya. Bukannya berakhir tapi malah muncul banyak pertanyaan dari teman saya, yang menanyakan mengenai apa sich Blog? Itu digunakan untuk apa? Seperti apa?. Ternyata masih ada juga yang belum tahu apa itu blog. Untuk itu pada postingan kali ini saya coba untuk memaparkan mengenai blog dan cara membuatnya. Bagi para netter yang sudah tahu silahkan berlalu.

Blog atau Weblog sebetulnya hanya merupakan salah satu bentuk website yang juga dapat dilihat dengan menggunakan web browser pada umumnya. Blog adalah situs yang sifatnya lebih pribadi, isinya lebih cenderung menggambarkan si pembuat blog itu sendiri, meskipun pada perkembangannya blog saat ini juga sudah digunakan untuk lahan bisnis dan lain sebagainya. Disamping kelebihannya yang GRATIS, blog juga didesain untuk para pengguna yang tidak menguasai bahasa pemrograman, dimana pengguna sudah dapat mengisi konten di dalamnya dengan antarmuka grafis yang mirip dengan Microsoft Word.

Dalam pembuatan blog tidak memerlukan instalasi, semua proses tersebut sudah dibereskan oleh pengelola server yang menyediakan fasilitas tersebut. Blog dibuat oleh para desainer penyedia blog agar bekerja secara otomatis dan mudah untuk dioperasikan, jadi bagi teman-teman yang masih bingung dengan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website tidak jadi persoalan. Apabila teman-teman sudah bisa membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog pun saya yakin teman-teman pasti bisa.

Jika teman-teman sudah mempunyai E-mail, tentunya tidak akan asing lagi dengan tata cara pendaftarannya, karena sebelum memiliki E-mail kita diharuskan untuk memiliki account terlebih dahulu. Tidak begitu berbeda, dalam membuat blog pun kita harus mempunyai sebuah account terlebih dahulu, oleh karena itu silahkan daftarkan diri anda terlebih dahulu di free blog provider (penyedia webhosting/ blog gratis).

Free blog provider sangatlah banyak terdapat di internet dan beberapa yang populer saat ini adalah Blogspot (Blogger), Wordpress, Multiply, Blog Frienster, Blogsome dan masih banyak lagi yang lainnya. Atau teman-teman juga bisa lihat daftar penyedia webhosting gratis di blog ini tepat dibawah kolom postingan. Teman-teman tinggal pilih dan klik saja mana yang sesuai dengan keinginan teman-teman.

Pada sesi kali ini saya akan coba mengulas tentang cara pembuatan blog di Bloger (Blogspot) >>> http://www.blogger.com, kenapa saya pilih blogspot, karena selain gratis, blogspot merupakan penyedia media blog yang paling lengkap fitur-fiturnya dan mudah untuk dioperasikan. Setelah teman-teman masuk situs bloger.com silahkan klik gambar dibawah untuk mendaftar.



Silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :

1. Klik tanda anak panah yang bertuliskan " CIPTAKAN BLOG ANDA "

2. Isilah Alamat Email dengan alamat email teman-teman (tentunya yang valid)

3. Isikan kembali alamat email teman-teman tadi pada form Ketik ulang alamat email

4. Tuliskan password yang teman-teman inginkan pada form Masukkan sebuah password

5.Isikan kembali password teman-teman tadi pada form Ketik ulang sandi (password)

6. Isi Nama Tampilan dengan nama yang ingin teman-teman tampilkan

7.Tulis tulisan yang tertera pada form Verifikasi Kata. Beri tanda tik/cek pada kotak di pinggir tulisan Saya menerima Persyaratan dan Layanan.

8. Klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"

9. Tuliskan judul blog yang teman-teman inginkan (nanti bisa di rubah lagi) pada form Judul Blog

10.Tulis nama situs teman-teman pada form Alamat Blog (URL)

11. Tulislah tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form Verifikasi kata, jika sudah selesai klik gambar panah yang bertuliskan "LANJUTKAN".

12. Pilihlah gambar (template) yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"

13. Setelah keluar tulisan "Blog Anda telah di ciptakan". Klik gambar panah bertuliskan "MULAI POSTING". Silahkan teman-teman menulis apa yang teman-teman ingin utarakan, seperti halnya buku diary. Jika sudah selesai klik tombol "MEMPUBLISKAN POSTING".

Bagi para pemula, biasanya mereka akan bingung setelah mendaftar membuat blog, apa yang harus di isi( diposting ) dalam sebuah blog?. Pada dasarnya Isi ( content ) dari sebuah blog tentu saja terserah kepada si pemilik blog itu sendiri, apakah mau di isi lagu-lagu, syair, puisi, perjalan hidup, teknik, ataupun apa saja. Nah di sini saya menyarankan, isilah blog teman-teman tersebut dengan minat ataupun hoby serta keahlian teman-teman sendiri, karena tentu saja di luar sana banyak sekali orang yang tentunya sama minat dan hoby nya dengan teman-teman, sehingga mereka akan tertarik untuk membaca tulisan-tulisan yang diposting teman-teman.

Sementara cukup dulu ya, nanti kalo ada pertanyaan, tanyakan saja lewat form komentar dibawah postingan ini. Selamat mencoba!

0 komentar:

Post a Comment